Sunday 4 December 2016

PBB: Hampir 2000 Militer Irak Tewas Di Mosul Pada Bulan November


Mosul, tercatat 1.959 pasukan irak tewas di mosul sepanjang bulan November lalu. Laporan resmi tersebut di sampaikan oleh Jan Kubis pada jum'at 2/12 seperti yang disampaikan oleh BBC. Namun laporan PBB tersebut mendapat tekanan dari Media sayap meliter irak, sehingga PBB pun menghentikan laporannya.

Sementara itu di pihak Sipil sebanyak 926 tewas dan 930 di nyatakan terluka sepanjang bulan November lalu. Sedangkan Provinsi Baghdad, tempat para militan ISIS melakukan serangkaian pemboman bulan lalu, merupakan wilayah yang terkena dampak paling buruk, sebanyak 152 korban sipil tewas dan 581 lainnya luka-luka. Di provinsi Nineveh, tempat kota Mosul berada, sebanyak 332 orang tewas dan 114 orang lainnya luka-luka. Belum ada rincian per wilayah terkait jumlah korban jatuh di pihak pasukan keamanan, yang meliputi tentara, polisi , para pejuang Kurdi Peshmerga, pasukan kementerian dalam negeri, dan para milisi.

Badan Palang Merah Internasional (ICRC) memperingatkan jika serangan terus dilanjutkan untuk memperebutkan kota Mosul, maka diyakini terdapat sebanyak 1,5 Juta warga sipil harus meninggalkan rumah mereka. Sejauh ini telah 77.000 warga mosul mengungsi dan masih banyak yang masih tetap mendiami rumah mereka.

Pasukan ISIS Yang Tewas

Sejak penyerangan besar-besaran yang dilakukan oleh militer Irak selama 6 pakan lalu, Mayor Jenderal Abdul Ghani al-Asadi, salah seorang komandan pasukan khusus, mengklaim pasukannya telah menewaskan 990 anggota ISIS dalam pertempuran di timur Kota Mosul. Namun ia menolak menyebutkan korban jiwa di pihaknya.

Dalam kurun waktu 6 pekan tersebut Asadi mengatakan bahwa pasukan pemerintah Irak telah mengusai hampir setengah dari Mosul timur, pasukan Irak tersebut bergerak dari distrik ke distrik menghadapi penembak jitu ISIS, pengebom bunuh diri, dan bom mobil.

Kota Mosul timur yang telah dikuasai separuh tersebut, direbut oleh pasukan elit Irak yang dikenal dengan "Golden Division". Sedangkan pasukan polisi federal, dan pasukan Kurdi Peshmerga mengepung kota itu dari Timur dan Utara. Sedangkan pasukan Milisi Syiah mengepung dari arah Barat.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Mufazzal (c). Powered by Blogger.

Blogroll

"Kami Pemuda Yang Mengakui Bahwa Kami Tidak Memiliki Pengalaman, karena Kami Tidak Menawarkan Masa lalu. Kami Pemuda Menawarkan Masa Depan Untuk Perubahan Menuju Kesejahteraan, Kecerdasan, Dan Harga Diri"

Total Views

Popular Posts

Blog Archive

Contact Form

Name

Email *

Message *